Bagian Tubuh Ikan yang Diserang Penyakit

Bagian Tubuh Ikan yang Diserang Penyakit


Berdasarkan daerah penyerangan penyakit pada tubuh ikan, terutama penyakit infeksi, dibagi menjadi 3 yaitu sebagai berikut :
  1. kulit : ikan yang terserang penyakit pada kulitnya kan terlihat lebih pucat (tampak jelas pada ikan yang berwarna gelap) dan berlendir. Ikan tersebut bisanya kan menggosok-gosokkan tubuhnya pada benda-benda yang ada disekitarnya.
  2. insang : serangan penyakit pada insang menyebabkan ikan sulit bernapas, tutp insang mengembang dan insang menjadi pusat. Pada lembaran insang menjadi pucat. Pada lembaran insang sering terlihat bintik-bintik merah karena pendarahan kecil (peradangan).
  3. Organ dalam : penyakit yang menyerang organ dalam seruing mengakibatkan perut ikan membengakak dengan sisik yang berdiri (penyakit eropsi). Sering pula dijumpai perut ikan menjadi kurus. Jika menyerang usus, biasanya akan mengakibatkan peradangan dan jika menyerang gelembung renang, ikan akan kehilangan keseimbangan pada saat berenang. 
Organisme pantogen yang sering menimbulakn penyakit di bagian luar tubuh ikan diusebut ektopatogen, dan bila ditimbilkan olah parast disebut ektoparasit. Sedangkan yang menyerang bagian dalam tubuh ikan disebut endopatogen dan bila disebabkan oleh parasit disebut endoparasit.

Serangan endopatogen atau endoparasit dianggap lebih berbahaya dibandingkan seragan ektopatogen atau ektoparasit, karena efek serangannya sulit dideteksi secara dini, sehingga petani ikan sering terlambat mencegahnya. Serangan endopatogen atau endoparasit baru dapat dipastikan bila dilakukan pemeriksaan organ dalam ikan. Sedangkan untuk bisa memeriksa organ dalam, ikan harus dibedah (dibunuh).
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Bagian Tubuh Ikan yang Diserang Penyakit"

Post a Comment